• Senin, 23 Mei 2022

BKPSDM Kota Sukabumi dan SDN Cikole, Diduga Tempati Tanah Sengketa

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 23:08 WIB
Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan SD Negeri Cikole Kota Sukabumi. (Foto : Net)
Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan SD Negeri Cikole Kota Sukabumi. (Foto : Net)

SUKABUMI, FORMAS.CO.ID- Tanah dan bangunan yang kini, ditempati Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan SD Negeri Cikole Kota Sukabumi. Tanah tersebut sebelumnya, merupakan tanah hak milik Yayasan Kehidupan baru (YKB).

Namun, setelah habis Hak Guna Bangunan (HGB) No. 604/Desa Kota Wetan, dengan luas tanah 6.580.m2. Tanah tersebut, kini diduga telah menjadi sengketa.

Kuasa Hukum YKB Rhema Kasih Law Firm, yang beranggotakan Poltak Siagian, SH., MH., Anipar Lumbangaol, SH.,MBA., Dedi Christian, SH.,S.Sos., dan Posman Sihombing, SH. Mengatakan hal itu, saat menggelar Konferensi Pers, di Sukabumi, Kamis (16/12/2021) lalu.

Baca Juga: Direktur Utama bank bjb, Dinobatkan sebagai Top Regional Banker 2021

Dikatakannya, sebagai pemegang hak pemilik atas sebidang tanah HGB No. 604/Desa Kota Wetan, dengan luas tanah 6.580.m2 atas nama perkumpulan sekolah- sekolah kehidupan baru Jawa Barat, berkedudukan di Kota Sukabumi sekarang menjadi YKB yang terletak di Jln. R.Syamsudin SH No.43 Kelurahan Cikole Kecamatan Cikole Kota Sukabumi.

Tanah tersebut, dengan batas -batas sebelah timur Jln. Rumah Sakit Belakang, sebelah barat bekas Rumah Makan Sanggar Nasi, sebelah utara Jln. Rumah Sakit juga, sebelah Selatan Jln. R. Syamsudin, SH.

“Tanah dan bangunan itu, diperoleh berdasarkan hibah dari himpunan sekolah -sekolah Kristen yang berkedudukan di Jakarta pada tanggal 21 Oktober  1976, dengan Akta Hibah No. 46 Tahun 1976  yang di buat Abubakar Yakub sebagai Pembuat Pejabat Akta Tanah (PPAT),” tutur kuasa Hukum, Poltak Siagian, SH.,MH.

Baca Juga: Offroader Hendrik Somantri, Siap Gasak Juara Kelas Favourite

Adapun PPAT tersebut, untuk wilayah Kecamatan Kotamadya Kota Sukabumi saat itu, dengan tanggal pencatatan 12 November 1976 PP No 318/1976 atas nama yang berhak perkumpulan sekolah -sekolah kehidupan baru di Jawa Barat yang berkedudukan di Kota Sukabumi.

Namun, setelah berakhirnya Sertifikat HGB No. 604/Desa Kota Wetan dengan luas tanah s6.580 m2 pada tanggal 23 September 1980, YKB pada tanggal 3 Desember 1980 mengajukan permohonan untuk mendapatkan rekomendasi perpanjangan atas Tanah dan Bangunan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi.

Halaman:

Editor: Yayat Tahyan Supiat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X