• Selasa, 9 Agustus 2022

Disdukcapil Kota Bandung, Ujicobakan Pelayanan SIAK Terpusat

- Senin, 1 November 2021 | 22:17 WIB
Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Tatang Muhtar/Foto : Inilahkoran.com
Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Tatang Muhtar/Foto : Inilahkoran.com

BANDUNG, FORMAS.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, akan mengujicobakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat dari sebelumnya SIAK Terdistribusi.

Ujicoba SIAK itu, adalah untuk melengkapi data dan layanan urusan administrasi kependudukan ke depan dapat lebih baik lagi.

Untuk pelaksanaan koordinasi SIAK Terpusat ini sejak 30 Oktober - 2 November 2021, yang diawali dengan proses cut off transaksi data SIAK Terdistribusi ke SIAK Terpusat pada 29 Oktober 2021.

Baca Juga: Antisipasi Luapan Air Wilayah Barat, Oded Berkoordinasi Sama Plt Walikota Cimahi

“Sehingga inovasi layanan online yang sementara ini berjalan dihentikan sementara,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Tatang Muhtar, saat disela Implementasi SIAK Terpusat Dirjen Dukcapil di Pendopo Kota Bandung, Senin (1/11/2021).

Dikatakan Tatang, perlu diketahui, Kota Bandung ditunjuk menjadi salah satu dari 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang melaksanakan implementasi Uji Coba SIAK Terpusat sesuai dengan Surat Dirjen Dukcapil Nomor 473.1/7158/Dukcapil.

“Dengan terpilihnya Kota Bandung, menjadi bagian dari uji coba. Karena dinilai, Kota Bandung sumber daya termasuk masyarakatnya bisa turut mengimplementasikan SIAK Terpusat ini,” tuturnya.

Baca Juga: Herdiat Sunarya , Tradisi Adat 'Nyangku' Budaya Warisan Para Leluhur Harus Dirawat Dan Lestarikan

Dalam hal ini, untuk penyelenggaraan layanan terpusat ini dilakukan secara bertahap dan melalui uji coba, serta akan terus dievaluasi melalui Dirjen Dukcapil secara berkesinambungan.

“Seperti aplikasi SALAMAN, PEMUDA dan, e-PunTen. Dalam masa transisi migrasi data dan instalasi SIAK Terpusat ini untuk sementara pelayanan kembali ke manual (tatap muka), baik di Kantor Dinas, Kecamatan, maupun gerai pelayanan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Yayat Tahyan Supiat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X