• Minggu, 26 Juni 2022

Lokasi Sampah Dihiasi Lukisan Mural, Bisa Jadi Tempat Wisata Poto

- Kamis, 19 Mei 2022 | 11:18 WIB
Duta Kang Pisman dan Ketua Kawasan Bebas Sampah Tika Surtika Harti, saat sedang menuturkan pengalamannya dalam mengelola lingkungan.(Foto : Dok Humas Pemkot Bandung)
Duta Kang Pisman dan Ketua Kawasan Bebas Sampah Tika Surtika Harti, saat sedang menuturkan pengalamannya dalam mengelola lingkungan.(Foto : Dok Humas Pemkot Bandung)

BANDUNG, FORMAS.CO.ID- Kota Bandung kini, memiliki spot wisata dan berswafoto ria di tengah lokasi pengolahan sampah. Pengagasnya, adalah Duta Kang Pisman dan Ketua Kawasan Bebas Sampah (KBS) Tika Surtika Harti warga Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo Kota Kota Bandung.

Spot wisata lokasi tepatnya ada RW 01, di sepanjang jalannya RW tersebut dihiasi mural motivasi, lalu ada payung-payung kecil yang menggantung menambah nilai estetik dari kawasan ini.  Sehingga, di lokasi pengolahan sampah menjadi menarik dan enak di pandang mata.

Baca Juga: Pemdes Sukaresik,Lakukan Pelantikan dan Pengukuhan Perangkat

Berkat usaha dan kerja kerasnya, wilayah tempat tinggalnya di RW 01 Sukamulya berhasil memperoleh beberapa apresiasi dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, Rabu (18/5/2022).

Untuk menginspirasi warga, Tika membagikan kisah perjuangannya selama ini untuk menciptakan Kota Bandung bebas dari sampah. Langkahnya yang ditempuh untuk melestarikan lingkungan sejak 1997.

“Saya sendiri dulu korban banjir akibat sampah. Lalu, melihat kejadian TPS Leuwigajah meledak membuat saya berpikir, seandainya tidak semua sampah dibuang ke TPS, masalah seperti yang saya alami dan kita lihat pasti tidak akan terjadi," ungkap Tika.

Baca Juga: Pemkot Cimahi, Berikan Bantuan Rutilahu Korban Rumah Ambruk

Setelah itu, akhirnya di tahun 2010, ia pun mulai menyeriusi pergerakan ini bersama rekan-rekan sejawatnya dalam satu organisasi lingkungan. Pergerakannya pun semakin luas sampai ke masyarakat se-Kecamatan Cinambo.

Dari rumah ke rumah dengan tekun ia dan rekan-rekannya memberikan edukasi pada warga. Tika mengakui, jika mengubah kebiasaan masyarakat bukanlah perkara yang mudah.

"Ya namanya juga masyarakat ya, ada yang terima, ada juga yang judes. Tapi kita terus dampingi untuk mau berubah. Apalagi kawasan kami ini termasuk sering jadi tempat lalu lalang orang dari daerah lain karena di depan ada RSUD Ujungberung," jelasnya.

Halaman:

Editor: Yayat Tahyan Supiat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Malam Takbiran, Kota Bandung Aman dan Kondusif

Selasa, 3 Mei 2022 | 07:16 WIB
X