• Senin, 8 Agustus 2022

Multimodel Cognitive, Tingkatkan Performa Atlet dari Perspektif Psikologis

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:57 WIB
Patriana Nurmansyah A dan Ivan Rivan Firdaus menyampaikan materi kepada perwakilan Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) di Ruang Weight Training Gymnasium UPI & Kampus FPOK Jln Padasuka, Bandung Rabu (18/2022) dan Jumat (1/7/2022)/Foto: Masayu Rizka
Patriana Nurmansyah A dan Ivan Rivan Firdaus menyampaikan materi kepada perwakilan Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) di Ruang Weight Training Gymnasium UPI & Kampus FPOK Jln Padasuka, Bandung Rabu (18/2022) dan Jumat (1/7/2022)/Foto: Masayu Rizka

BANDUNG, FORMAS.CO.ID - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK), melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Unit Kegiatan Mahasiswa sebagai pesertanya.

Kegiatan Dalam rangka memperkenalkan model latihan psikologis dan mengimplementasikan multimodel cognitive training bagi atlet yang berada di lingkungan UKM UPI, berlansung di Ruang Weight Training Gymnasium UPI & Kampus FPOK Jln. Padasuka Bandung, Rabu 18 Mei 2022 dan dilanjutkan pada, Jumat (1/7/2022).

Komarudin sebagai Pelaksana, melihat bahwa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) olahraga UPI masih belum menerapkan model-model latihan yang mampu mendukung aktifitas untuk mencapai performa maksimal yang dibutuhkan latihan yang efektif dan tepat sasaran. 

Baca Juga: Masih Berstatus ASN, PWI Sumbar Akan Dipimpin Plt Ditunjuk PWI Pusat

“UKM olahraga UPI cenderung menjalani proses latihan dengan model latihan konvensional yang cenderung fokus pada aspek fisik, Teknik, dan taktik, sesungguhnya untuk mencapai prestasi pelatih harus paham betul faktor-faktor yang dapat mendorong prestasi maksimal yaitu fisik, teknik, taktik dan mental,” ujarnya. 

Dikatakan Komarudin, kondisi sekarang ini aspek psikologis menjadi termarjinalkan padahal seringkali menjadi penentu keberhasilan atlet dalam sebuah kompetisi, ketika permasalahan tersebut masih terjadi. Untuk itu, dengan peningkatkan performa atlet menjadi terhambat atau bahkan tidak berkembang sama sekali.

Baca Juga: bank bjb Bersama Disdik Jabar Adakan PKS, Manfaatan Program DPLK

Sebagai ilustrasi dalam sebuah mobil yang memiliki empat roda jika satu roda gembos (psikologis) maka mobil tidak akan bisa melaju dengan sempurna, begitupun prestasi olehraga jika aspek psikologis tidak maksimal maka atlet tidak akan mampu mengatasi berbagai permasalahan dalam situasi pertandingan. Karena pertandingan masalahnya komplek dan terdapat mental barrier yang harus diatasi oleh atlet.

“Maka itu, diperlukan model latihan yang mampu mengatasi kondisi tersebut salah satunya adalah multimodel cognitive training yang akan diterapkan sebagai sebuah solusi untuk masalah psikologis yang terjadi pada diri atlet baik dalam proses latihan maupun kompetisi,” tegas Komarudin yang juga sebagai tim ahli dalam kegiatan tersebut.

Pihaknya mencoba membuat suatu rancangan dalam suatu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang sasarannya adalah atlet yang berada di lingkungan UKM Universitas Pendidikan Indonesia.

Halaman:

Editor: Yayat Tahyan Supiat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PWI Pusat Ambil Alih, Kasus Penyegelan PWI Sulsel

Minggu, 12 Juni 2022 | 09:19 WIB
X