• Senin, 23 Mei 2022

Urai Arus Balik Pemudik, Pemprov Jabar Tetapkan Masuk Sekolah 12 Mei 2022

- Jumat, 6 Mei 2022 | 19:59 WIB
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum. (Foto : Dok Humas Pemprov Jabar)
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum. (Foto : Dok Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG,FORMAS.CO.ID- Untuk mengurai arus balik, bagi sejumlah masyarakat di Indonesia yang telah melaksanakan mudik ke kampung halamannya. Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov) Jabar, memperpanjang liburan lebaran selama tiga hari.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, perpanjangan libur lebaran selama tiga hari ini, merupakan kebijakan Pemerintah berkaitan dengan masuk sekolah tinkat  SMA, SMK, dan SLB yang sebelumnya tanggal 9 Mei 2022, namun diperpanjang menjadi 12 Mei 2022.

“Maka itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar maupun Pemerintahan di Kabupaten/Kota di Jabar, agar disosialisasikan untuk menetapkan perpanjangan libur lebaran selama tiga hari,” ujarnya, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: Kapolres Tasikmalaya Kota,Mantau Arus Balik Lebaran Gunakan Sepeda Motor

Dikatakan Uu Ruzhanul Ulum perpanjangan libur lebaran tiga hari ini, merupakan kebijakan khususnya di lingkungan Disdik Jabar untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan. Sehingga Pemprov Jabar, memberikan kebijakan masuk sekolah hari Kamis 12 Mei 2022.

“Untuk itu kepada Bupati/ Walikota di Jabar untuk memperhatikan kebijakan itu. Selain itu jug, pihaknya meminta penundaan jadwal masuk sekolah bisa diikuti tingkatan sekolah lainnya mulai dari SD hingga SMP,” tuturnya.

Lebih lanjut Wagub menyatakan, kebijakan perpanjangn libur ini juga, agar keluarga yang masih di kampung halamannya tidak bingung. Maka itu, para keluarga yang punya anak SMA, SMP maupun SD tetap tenang karena masuk sekolahnya hari Kamis 12 Mei 2022.

Baca Juga: Libur Lebaran, Bisa Nikmati Wahana Wisata Dwisari Park Cikarang

Penundaan jadwal masuk sekolah ini juga diterapkan dua Provinsi lainnya di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, dan Banten. Keputusan diambil berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

“Penundaan jadwal masuk sekolah bagi pelajar ini juga, harus disosialisasikan di Kabupaten/ Kota lainnya di Jabar. Atau dengan kata lain, perlu adanya dukungan dari para Bupati/Walikota,” tambah Uu.

Halaman:

Editor: Yayat Tahyan Supiat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X