• Senin, 23 Mei 2022

Pemdes Sukahurip Kecamatan Cihaurbeuti,Akan Segera Alokasikan DD

- Selasa, 10 Mei 2022 | 23:43 WIB
 Abdul Hadi Kepala Desa Sukahurip Kecamata Cihaurbeti Kabupaten Ciamis.( Foto.Anton/Formas.co.id)
Abdul Hadi Kepala Desa Sukahurip Kecamata Cihaurbeti Kabupaten Ciamis.( Foto.Anton/Formas.co.id)

CIAMIS,FORMAS.CO.ID-Pemerintah Desa Sukahurip Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Jawa Barat, untuk anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022 bersumber dari pemerintah pusat Rp.988.694.000.

Kepala Desa Sukahurip Abdul Hadi, mengungkapkan, Dana Desa tersebut akan dialokasikan untuk, yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT) 41% ,Ketahanan pangan 20%,PPKM 8%,Renovasi sekolah PAUD Rp 168 juta dan SAB (Sarana Air Bersih).

"Sementara itu, khusus untuk ketahanan pangan,kami alokasikan sebesar Rp.200 juta yang akan dialokasikan di dua kegiatan,"ujarnya Abdul Hadi,dikantornya kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga: Berbagai Komunitas, Jaga Kebersihan 10 Tititk di Kota Bandung

"Seperti Jalan usaha tani Dusun Cidangiang,yang menyambungkan jalan ke Desa Sukamanah, Kecamatan Sindangkasih,dan penggemukan kambing atau domba di pusatkan di satu kelompok.Karena metode permantas, untuk pesertanya di ambil dari masing-masing kedusunan,"tambahnya.

Hadi menyebutkan, program pengemukan kambing tersebut baru kali ini, dalam rangka perubahan menset calon para peternak.Karena secara teori metode tersebut memberikan waktu dan evisiensi dalam pemeliharaan.

"Dalam program ini, bukan untuk membeli teknologi tapi harus bisa mampu menguasai teknologi.Kami sudah menyiapkan satu orang ahli tersebut dari dinas terkait,"ucapnya.

Baca Juga: Proses Lelang Berjalan, Yana Optimis GBLA Bisa Digunakan Secepatnya

Lanjut Hadi,diharapkan dalam program ini,masyarakat Desa Sukahurip yang mayoritas petani / buruh. Petani 95% yang hubunganya sangat tidak bisa di pisahkan dengan peternakan.

"Kami akan mencoba dalam rangka perobahan pola pikir para petani,agar bisa merubah status dari buruh menjadi usaha tani.Dan mudah -mudahan berjalanya program ini, bisa sukses sesuai dengan harapan,"ungkapnya.(**)

Halaman:

Editor: Ade Anton Sulistyo

Tags

Terkini

X