• Minggu, 26 Juni 2022

Pemkab Ciamis Laksanakan Upacara Harkitnas 2022,Ini Pesan Menteri Kominfo

- Jumat, 20 Mei 2022 | 14:58 WIB
Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra,saat bertindak sebagai Inspektur upacara Harkitnas tingkat Kaupaten Ciamis.(Foto.Dok.Prokopim Ciamis)
Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra,saat bertindak sebagai Inspektur upacara Harkitnas tingkat Kaupaten Ciamis.(Foto.Dok.Prokopim Ciamis)

CIAMIS,FORMAS.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Ciamis dan unsur TNI -Polri melaksanakan upacara Peringatan hari kebangkitan nasional atau Harkitnas ke 114 tahun 2022 di halaman Pendopo, Jum'at (20/05/2022).

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra bertindak sebagai Inspektur upacara mewakili Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Dalam upacara peringatan Harkitnas tersebut, Wakil Bupati Ciamis memabacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G. Plate.

Baca Juga: Pemkab Ciamis,Gelar Yanlik Fest Kerjasama Ombudsman RI

Disampaikan Wabup Yana D Putra, tema Hari kebangkitan nasional 'Ayo Bangkit Bersama',merupakan bentuk seruan agar masyarakat Indonesia bisa Bangkit bersama dari Pandemi Covid 19,yang sudah melanda selama 2 tahun terakhir.

"Ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei 1948 oleh presiden Soekarno adalah bertepatan dengan lahirnya Perkumpulan Boedi Utomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia," ucapnya.

Di mana pada saat itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

"Boedi Utomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain dan menyatukan pergerakan Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan,"terangnya.

Yana menuturkan, tujuan didirikannya Boedi Utomo yang tercetus dalam Kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan pengajaran dan kebudayaan.

Halaman:

Editor: Ade Anton Sulistyo

Tags

Terkini

Buka Rakerkab PPDI, Ini Pesan Bupati Ciamis

Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:03 WIB
X