• Senin, 8 Agustus 2022

Modul Kurikulum Pendidikan Antikorupsi, Supaya Siswa Tahu Bahaya Korupsi

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 16:52 WIB
Kadisdik Jabar, Dedi Supandi, poto bersama usai  menyerahkan modul kurikulum Pendidik Antikorupsi kepada Kadisdik Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah, Kamis (23/6/2022)./Foto :Dok. Humas Disdik Jabar.
Kadisdik Jabar, Dedi Supandi, poto bersama usai menyerahkan modul kurikulum Pendidik Antikorupsi kepada Kadisdik Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah, Kamis (23/6/2022)./Foto :Dok. Humas Disdik Jabar.

BOGOR, FORMAS.CO.ID - Untuk meningkatkan pengetahuan tentang, tindak pidana korupsi dikalangan para siswa/siswi pelajar SMA, SMK dam SLB di Jawa barat (Jabar) diperlukan ada pendidikan tentang korupsi. Tujuannya, agar para siswa bisa mengetahui bahanya laten korupsi.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi menyerahkan secara simbolis modul kurikulum Pendidikan Antikorupsi kepada Kadisdik Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah pada acara Forkopimda Goes to School di SMAN 2 Cibinong Kabupaten Bogor, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Kadisdik Jabar : Musim PPDB Tahun 2022, 153.55 Peserta Lolos Tahap Pertama

“Modul yang masuk dalam mata pelajaran PPKN ini diharapkan juga bisa diterapkan di SMP yang ada di Kabupaten Bogor sebagai bentuk kolaborasi. Pasalnya, modul kurikulum Pendidikan anti korupsi cukup baik,” ujarnya. 

Dikatakan Kadisdik, selain kurikulum pendidikan antikorupsi, untuk mencapai visi Profil Pelajar Pancasila, Disdik Jabar juga telah meluncurkan kurikulum Anti-Radikalisme dan kurikulum Jabar Masagi. Kadisdik pun mendorong pihak lain untuk mencapai Profil Pancasila.

Baca Juga: Bhabinkamtibmas Desa Cibeber Polsek Manonjaya Bersinergi dengan Babinsa dan Warga, Laksanakan Jumsih

“Ada sentuhan dari Diskominfo juga untuk mendidik siswa anti-hoaks, juga dukungan Kesbangpol untuk membuat sekolah-sekolah toleransi,” tambahnya.

Kadisdik juga, sangat mengapresiasi program Forkopimda Goes to School yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. “Kegiatan Forkopimda ini berbagi erat tentang Profil Pelajar Pancasila. Intinya, meningkatkan dan mengembangkan karakter bagi peserta didik,” imbuhnya.

Baca Juga: Kanit Binmas Polsek Cisayong Bersama Babinsa dan Warga, Lakukan Gotong Royong Perbaiki Pos Kamling

Sementara itu, siswa SMAN 2 Cibinong sekaligus Duta Bela Negara 2021, Violetta Ceria Agasha mengungkapkan betapa pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Terlebih, bagi generasinya sebagai penerus bangsa. Ia pun mengajak seluruh siswa Jabar untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian.

Halaman:

Editor: Yayat Tahyan Supiat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X