• Senin, 8 Agustus 2022

Universitas Ahmad Dahlan Gelar FAIR 2022, Tentang Ilmu Kewirausahaan

- Rabu, 20 Juli 2022 | 21:43 WIB
Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T., saat membuka kegiatan UAD FAIR 2022 kewirausahaan adalah ilmu atau keterampilan yang harus langsung dipraktikkan, Selasa (19/7/2022)/Foto : Ist.
Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T., saat membuka kegiatan UAD FAIR 2022 kewirausahaan adalah ilmu atau keterampilan yang harus langsung dipraktikkan, Selasa (19/7/2022)/Foto : Ist.

YOGYAKARTA,FORMAS.CO.ID - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, ternyata cukup perhatian terhadap enterpreneurship (kewirausahaan). Hal itu, dibuktikan digelarnya UAD FAIR 2022 yang berlangsung 18-20 Juli 2022, di Kampus Utama UAD di Jalan Ringroad SelatanBantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T., saat membuka kegiatan UAD FAIR 2022 mengatakan, kewirausahaan adalah ilmu atau keterampilan yang harus langsung dipraktikkan. Berbagai program telah diluncurkan oleh UAD untuk membekali mahasiswanya agar memiliki skill (kemampuan) untuk berwirausaha setelah lulus.

Baca Juga: Warga Cibeber Manonjaya,Yang Sempat Hilang Ditemukan Dalam Keadaan Lemas

“Semua itu dilakukan supaya skill dan jiwa enterpreneurship mahasiswa bisa tumbuh dan lebih terasah. Salah satunya, kampus memfasilitasi permodalan bagi mahasiswa untuk menciptakan inovasi produk yang berkualitas, memiliki daya saing, dan menjual,” ujarnya, Selasa (19/7/2022)

Dikatakannya, Kampus juga menyediakan platform marketplace untuk memudahkan mahasiswa berjualan secara online. Kemudian, secara offline UAD rutin mengadakan berbagai ajang pameran seperti bazaar di tingkat fakultas.

Baca Juga: Hadiri HUT Desa Ciparigi Ke-242,Ini Pesan Wakil Bupati Ciamis

Sedangkan di tingkat universitas, kampus memfasilitasi mahasiswa dengan mengadakan ekshibisi (pameran) yang berskala besar dan luas yaitu UAD FAIR. Tujuanya, adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa sebelum terjun langsung ke pasar yang sebenarnya.

"UAD FAIR ini sifatnya latihan untuk mahasiswa dengan simulasi pasar yang diciptakan sebelum nantinya menjadi wirausahawan muda sesungguhnya yang akan dilepas ke pasar bebas (free market)," katanya.

Menurutnya, mata kuliah Kewirausahaan tidak bisa hanya diberikan dengan kajian teori di dalam kelas saja, tetapi harus praktik langsung. Maka melalui ajang UAD FAIR ini, diharapkan mahasiswa bisa mendapatkan umpan balik untuk perbaikan usaha yang sedang mereka bangun.

Baca Juga: Pantau PMK,Kapolsek Manonjaya dan Unsur Muspika Datangi Pasar Hewan

Halaman:

Editor: Yayat Tahyan Supiat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X