• Senin, 23 Mei 2022

Kasus Tanah Cibeureun Masih Berlarut, DPRD Minta Pemkot Bentuk Pusda

- Jumat, 17 September 2021 | 00:15 WIB
Anggota Komisi II DPRD Cimahi H. Barkah Setiawan. (Foto : Dok Humas DPRD Cimahi)
Anggota Komisi II DPRD Cimahi H. Barkah Setiawan. (Foto : Dok Humas DPRD Cimahi)

CIMAHI, FORMAS.CO.ID- Kasus tanah Cibeureum, merupakan kasus tanah yang berlarut larut, banyak yang mengkliem adalah sejumlah ahli waris. Hingga sekarang kasusnya, tidak kunjung selesai. Tak heran, banyak orang yang menginkan tanah tersebut, karena lokasinya cukup strategi.

Lokasi tanah, berada di perbatasan atara Kota Cimahi dan Kota Bandung, sehingga lokasi tanah itu bisa untuk dijadika pusat pembelanjaan, mamupun perumah yang cukup elit.

Tanah yang luasnya, 24.790 m2 ini, berada di di Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Saat ini, statusnya tanah Cibeureung sedang digugat oleh Awong.

Baca Juga: Cabor Biliar Jabar, Targetkan Raih 3 Mendali Emas di PON XX 2021 Papua

Atas kasus tanah tersebut, yang sedang dilakukan gugatannya oleh Awong. Komisi II DPRD Kota Cimahi, mengundang pihak tergugat (Idris Ismail) dan penggugat (Awong), Kamis (16/9/2021).   

Menurut Anggota Komisi II DPRD Cimahi H. Barkah Setiawan, setelah komunikasi dengan Pemerintahan Kota (Pemkot) Cimahi, saat ini sedang melakukan beberapa hal, diantaranya, plt.Walikota Cimahi sudah menginstruksikan untuk pembentukan Badan Pengawas dan Restrukturisasi Perusahaan Daerah (Pusda).

Dalam kasus ini juga, Komisi II DPRD Kota Cimahi, mengundang pihak lain terkait seperti penggugat dan tergugat, untuk menanyakan permasalahan yang terjadi terkait tanah Cibeureum. “Sebetulnya apa sih yang terjadi, setelah sekian lama tanah Cibeureum tidak ada masalah, kenapa hari ini ada masalah,” tuturnya.

Baca Juga: Ngaku Anggota Polisi Bobol Ruko, Ditangkap Sasreskrim Polres Majalengka

Dikatakan H.Barkah, dalam kasus ini pihaknya sudah sepakat DPRD Kota Cimahi tidak menginginkan kehilangan tanah Cibeureum, kami akan berjuang sekuat tenaga.

“Kalaupun terjadi sengketa antara Indris dan Awong, ya silahkan saja, tapi tidak mengganggu tanah Cibeureum karena kepemilikannya berbeda, status tanah Cibeureum yang di sengketakan sudah milik negara,” tegas H.Barkah

Untuk itu, pihak DPRD Kota Cimahi, terus melakukan kegiatan, membenahi dan mensupport agar Pemkot Cimahi segera membentuk Badan Pengawas dan Restrukturisasi Pusda itu sendiri.

Baca Juga: ATR/BPN Kota Bandung, Targetkan 500 Tempat Ibadah Tersertifikasi

“Apalagi saat ini, tanah Cibeureum sudah masuk regulasi keuangan yang menguatkan bahwa aset itu bukan aset perorangan, itu aset Pusda yang notabene bila bicara aset Pusda berarti Aset Pemkot Cimahi. Pusda karena dilahirkan dari Perda/Perwal Kota Cimahi,” tegasnya. (**)





Editor: Yayat Tahyan Supiat

Tags

Terkini

Kapolres Banjar Pimpin Apel Pagi Jam Pimpinan

Senin, 23 Mei 2022 | 17:25 WIB

Satreskrim Polres Ciamis,Tangkap Pelaku Curat

Rabu, 11 Mei 2022 | 19:31 WIB

Ingat Tanggalnya. Ini Jadwal Operasi Patuh Lodaya 2021

Jumat, 17 September 2021 | 17:11 WIB
X