• Senin, 23 Mei 2022

Herdiat Sunarya , Tradisi Adat 'Nyangku' Budaya Warisan Para Leluhur Harus Dirawat Dan Lestarikan

- Senin, 1 November 2021 | 16:32 WIB
Pelaksanaan tradisi  pencucian benda pusaka peninggalan dari Prabu Boros Ngora, di Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.Foto. Humas Ciamis
Pelaksanaan tradisi pencucian benda pusaka peninggalan dari Prabu Boros Ngora, di Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.Foto. Humas Ciamis

CIAMIS. FORMAS.CO.ID- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menghadiri acara adat Nyangku yang dilaksanakan di Nusa Gede Panjalu, Senin (01/11/2021).

Tradisi tahunan yang digelar pada bulan Robiul Awal atau Maulud ini juga sekaligus sebagai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Rangkaian kegiatan tradisi “Nyangku” tersebut dilaksanakan dengan membersihkan benda pusaka peninggalan Raja Panjalu setelah melakukan ziarah ke makam Prabu Hariang Kencana putra dari Hariang Borosngora.

Baca Juga: Yana D Putra Wakil Bupati Ciamis, Mengajak Masyarakat Untuk Meneladani Nabi Muhammad SAW

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, menyampaikan tradisi adat Nyangku merupakan salah satu budaya warisan para leluhur yang harus dirawat dan dilestarikan.

"Mari kita secara bersama- sama Pemerintah dan masyarakat untuk memelihara, merawat dan melestarikan budaya Warisan leluhur kita," Ajak Bupati.

Bupati mengatakan, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kebudayaan RI kembali telah menetapkan dua kebudayaan Ciamis sebagai Warisan Budaya Ta Benda (WBTB) yaitu Upacara adat Merlawu dan upacara adat Nyuguh.

Baca Juga: Polsek Ciawi Polres Tasikmalaya Kota, Menangkap Satu Pelaku Pembobol ATM

"Alhamdulillah, sebulan yang lalu pemerintah pusat telah menambahkan dua kebudayaan asli Ciamis sebagai agenda nasional dan menetapkannya sebagai Warisan Budaya Ta Benda yaitu Upacara adat Merlawu dan upacara adat Nyuguh, " Tuturnya.

Dijelaskan Bupati, saat ini total terdapat tujuh kebudayaan Ciamis yang diakui oleh pemerintah pusat yaitu Ronggeng gunung, Bebegig, Nyangku, Ngikis, Misalin, Merlawu dan Nyuguh.

Halaman:

Editor: Ade Anton Sulistyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X